Sunday, December 04, 2005

A Little Story of The Gipsy Kings






  • Menurut Lucien Clergue, mereka membuat Charlie Chaplin tertawa, Picasso berkarya, Brigitte Bardot berdansa, dan mereka juga membuat alam turut berdendang.

Satu keluarga band ajaib telah lahir di Perancis Selatan, mengawali langkah dalam keadaan papa dan menjadi legenda.

Tumbuh melesat bagai meteor dan kontras sekali dengan komunitas asal mereka, sekali lagi kehidupan memiliki caranya sendiri menguak misteri perjalanan anak manusia. Siapa sangka dari sebuah kawasan kumuh yang nyaris terlupakan, lahir nada nada indah yang akhirnya mengemparkan dunia.

Bamboleo memberi jalan, tembang wahid Gipsy Kings di tahun 1988, telah memberi kejutan baru bagi industri musik Perancis, berjuta juta copy suara emas mereka terjual, berbagai penghargaan mereka terima, dan membawa mereka berkonser keliling ke seantoro benua. Gipsy Kings adalah fenomena, setidaknya tujuh album lahir dalam enam belas tahun membuktikan mereka tidak berhenti mencipta.

Ya…aku tertarik untuk menulis sedikit dari yang aku ketahui tentang mereka, karena kebetulan aku berada di sini dekat dengan keseharian salah satu vokalisnya : Canut Reyes.
Pribadi yang sederhana, jauh dari kesan bahwa di luar sana, dia harus di kawal bodyguard kemana mana.

Di detik detik menjelang tahun baru 2005, itulah pertama kali aku melihatnya, beliau datang untuk menghibur tamu tamu yang menanti pergantian tahun, waktu itu aku baru seminggu berada di sini. Dengan noraknya, aku buru buru ambil kamera dan dengan malu malu mengambil beberapa gambar.

Hari hari terus berjalan, tanpa terasa sudah hampir utuh satu tahun saya di sini. Waktu mengantarkan aku membina persahabatan dengannya. Satu pertemanan yang tulus, meskipun aku bukan siapa siapa. Ah…hidup memang sebuah misteri.

6 Comments :

  • Wow, masih spicles nih abis dapet konser dari Canut. He's such a humble guy ya. Udah ngetop tapi masih bersikap sederhana dan nggak jumawa. Nice guy in deed.

    By Blogger guario, at 12/07/2005 11:13 AM  

  • Betul Rio, sabtu pas konser kemari, katanya titip salam buat teman kamu ya....apa besok suruh dia nulis poster, biar aku kirim via email ?

    By Blogger Sisca, at 12/09/2005 5:15 PM  

  • Sis, ada trio dari Semarang nih yg suka nyanyiin Bamboleo. Mesti dapet applaus meriah. Gak nyangka kamu malah bisa berteman sama Canut Reyes. Aku dulu ngamen, suka nyanyi Volare. Lagu mereka juga bukan?

    By Blogger Theresia Maria, at 3/07/2006 8:40 AM  

  • J e suis un passioné de Flamenco, partculièrement de la musique Gitane...Juste pour vous dire la chance que vous avez de connaitre Canut!! Les photos sont trés sympathiques

    By Anonymous Anonymous, at 3/29/2006 6:15 PM  

  • Au fait je m'apelle Toufik!

    By Anonymous Anonymous, at 3/29/2006 6:15 PM  

  • je suis indonésienne et je parle un peu français, anglais. Canut vient souvent chez nous et j'ai le plaisir de l'entendre chanter. J'apprends le français provençal espagnol, gitan avec ses chansons telle "Chante les olives"..... mais je ne comprends pas tout. La musique, elle, pas de frontière pour l'aimer.

    By Blogger Sisca, at 3/31/2006 1:43 PM  

Post a Comment

<< Home