Thursday, June 15, 2006

Setitik Nila



Seorang bayi perempuan berusia tujuh belas bulan, meninggal diterkam anjing, sewaktu datang ke rumah sepupunya. Begitu bunyi berita petang yang lamat lamat hadir di telingaku. Terperanjat. Kulihat illustrasi anjing warna hitam berbadan bongsor mengonggong kencang dengan lidah terjulur dan taring penuh ludah. Satu slot berikutnya adalah ibu korban, belum bisa menerima kenyataan dalam pelukkan suaminya.

Saya menajamkan pendengaran. Diberitakan, anjing dilepas dari sangkar karena tidak tahu ada tamu. Orang tua tadi membawa serta tiga anaknya, ketika kelabakkan mengamankan kedua anak balita lainnya, saat itulah anjing menuju kereka dorong dan menerkam muka bayi malang itu, hingga tewas seketika. TRAGIS.

Adalah pemandangan biasa melihat tua muda, lelaki ataupun wanita, kemana mana bersama seekor anjing di Perancis. Pada supermarket besar , dua rak penuh aksesoris, ditambah beragam makanan, mainan, tersaji buat kenyamanan si anjing. Bukan hanya itu, praktek dokter hewan selalu ada di tiap sudut kota. Bukti nyata, anjing merupakan binatang peliharaan yang istimewa selain kucing tentunya.

Tak ada yang salah dalam diri sang penyayang. Yang menurutku kurang tepat adalah bahwa mereka kadang menempatkan orang lain sama seperti dirinya. Saya tidak membenci anjing, tapi sejujurnya sering terganggu atas kehadiran para tamu beserta pasangan anjingnya.

Dampak pertama dari efek kehadiran anjing, membuat kucing yang tinggal di taman ini, Jerry, tidak leluasa dan memilih pergi. Jerry baru kembali, ketika musuhnya pergi, tapi dalam kondisi jiwa kurang stabil, cemas, nafsu makan menurun .meeeong..meeong…guling guling di lantai….jalan melingkar lingkar..olala…kasihan dia, tersisih di daerah kekuasaannya.

Balik ke cerita si anjing, begitu turun dari mobil, anjing mungkin merasa sebagai selebritis, langsung mengadakan jumpa pengemar, setiap orang di beri salam. Dalam dunia keanjingan adalah gaya yang sah mengendus endus badan siapa saja. Lalu, ketika majikannya alpa, anjing anjing itu segera meluapkan kebebasan, saking setiap hari dijatah makan, timbul isengnya pengen jajan, menjajal habitat asal, segera tong sampah dirobohkan, mengais sisa sisa hidangan.

Ada juga anjing yang awalnya meringkuk manis di kaki majikannya, tapi karena sudah berjam jam nongkrong di kolong meja, pegal, encok, merasa dicuekin , jenuh. Sebagai tanda protes, ia meraung raung di tengah pertunjukkan musik. Suara merdu
Maestro ini, seketika bertabur intro tambahan ..ouwww..ouww..ouwwww.

Sekedar cacatan, orang Perancis suka bersantai makan sembari ngobrol, untuk malam, dimulai jam delapan , dengan tiga pilihan, hengkang sebelum Cinderella bersalin rupa, lebih cepat kalau bisulnya kambuh atau berlanjut hingga subuh.

Di sisi lain, anjing adalah binatang setia, satpam yang siap berpatroli dua puluh empat jam. Jerman pernah memproduksi serial televisi cukup popular bertitel REX, mengisahkan bagaimana anjing bersama polisi menumpas berbagai kejahatan. Juga banyak sekali cerita heroik anjing kita saksikan di film keluarga layar lebar. Sehingga tidak patut menghukum hanya dari satu sisi saja. Bahkan dalam ajaran islam, anjing adalah satu satunya binatang yang ditasbihkan masuk surga.

Terlepas dari semua itu, saya berharap, setelah insiden ini, para pemilik anjing sadar, dan mengurangi hobbynya datang ke sini berpasangan dengan anjing. Mengutip kata pak kyai, masih banyak cowok cewek ngangur, janda janda cantik, duda duda keren, haram hukumnya bercinta sama binatang…

******************************
Catatan : Mohon maaf, kenyamanan mata anda terganggu karena tak ada gambar bunga. Objek secepatnya di susul apabila blogger sudah memperbaiki kesalahannya. Terima kasih. sisca
*********************************

34 Comments :

  • sadis bener anjingnya >.< salah asuhan tuh ya kayaknya.
    met weekend sis!

    By Blogger nie, at 6/15/2006 6:18 PM  

  • :( di sini jg lg kabar hangat,baby umur seminggu meninggal di makan anjing,aku suka anjing non ..tp itu dulu bgt di indo karna disana ada pekarangan luas,di eropa piara anjing sama aja jd budak anjing hehehe plg sedikit 4x/hari hrs di bawa keluar jalan2,mana kalau liburan ga ada yg mau jd penitipan.
    skarang aku ga punya piaraan,biarkan saja anak2 bahagia ama keong2nya,kalo mati masuk tong sampah warna hijau hahaha ga usah bayar asuransi dan takut gigit anak tetangga..
    rumah bersih dr bulu2 binatang dan pekerjaan bersih2 jg berkurang hahah inilah aku orang yg males,mendingan rumah kecil dan sedikit penghuni,,hidup santai tenang dan irit

    weleh aku ini posting ama kasih koment :P

    happy weekend princess ,dirapiin dulu blanjaan baru nongkrongin pc :P *hugz*

    By Blogger Diva, at 6/15/2006 7:11 PM  

  • sis, diterkam atau di terkam?
    hehehhe .. selamat pagi

    By Anonymous Anonymous, at 6/15/2006 8:22 PM  

  • sudah sewajarnya jika anjing peliharaan di masukan ke sekolah kepribadian anjing.

    di indonesia saja ada, masa di sana tak ada? walau tak ada, berarti ada lahan bisnis yang masih kosong. SIKAT! :D

    By Blogger medon, at 6/15/2006 8:24 PM  

  • wah Sis,kalau begitu berhati2lah kalo ketemu anjing disana ya?

    btw, di perancis ada yg pelihara ikan gak? lebih aman, dan menyenangkan lho?

    mau request lagu apa lagi?hihihih
    kalo sempet denger via streeming aja, di www.iradiofm.com yah yah yah........

    By Blogger si Ono, at 6/16/2006 1:07 AM  

  • Wah.. kadangkala anjing bisa juga ya tidak jadi best human partner.

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 1:24 AM  

  • kadang aku heran...kenapa sih orang2x disini or bule dimana aja, gak bisa lepas dari anjing ?? bikin repot aja. mau vacation, bingung nitip kesapa.

    gue mah drpd miara anjing, mending ayam hahaha... bisa dipotong, telurnya bisa dijual hehe..lagian, mulut anjing tuh bauk abnegt. liurnya kali. nak muntah aku

    By Blogger Innuendo, at 6/16/2006 2:35 AM  

  • wlah sadia amat

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 2:40 AM  

  • menyedihkan ya...that's life

    btw di Prancis (katanya) kalo jalan harus hati², banyak kotoran anjing...hehehe

    By Blogger Hedi, at 6/16/2006 4:23 AM  

  • Waa, anjingnya sadis bener tuh... . Berarti orang2 Prancis tuh kebanyakan penyayang anjing yah??

    By Blogger Zilko, at 6/16/2006 4:29 AM  

  • kok bisa yah sis...
    biasanya manusia makan anjing ini anjing makan manusia

    mungkin sudah mengalami sebuah siklus keterbalikan.

    bagaimanapun anjing itu juga binatang. dan binatang tak mempunyai akal dan pikiran. segala cara pun dihalalkan asalkan perut kenyang. binatang juga tak pernah tau rasa belas kasihan. padahal itu seorang anak yang berumur 17 bulan.

    cerita ini membuat mata berfikir. kadangkala ada manusia yang seperti anjing dan bahkan lebih kejam dari binatang, padahal manusia kan punya akal pikiran. eeehhh malah saling serobot makanan [ padahal semua tahu dia serba kecukupan ] dan parahnya ngga peduli lagi makanan siapa yang diambil. curi saja jatah orang...!!!

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 4:49 AM  

  • Duh, anjingnya sadis banget!!! Kasian deh si baby...

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 4:57 AM  

  • Terlepas dari semua itu, saya berharap, setelah insiden ini, para pemilik anjing sadar, dan mengurangi hobbynya datang ke sini berpasangan dengan anjing. Mengutip kata pak kyai, masih banyak cowok cewek ngangur, janda janda cantik, duda duda keren, haram hukumnya bercinta sama binatang…

    setuju!!!!!!

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 6:59 AM  

  • Waduh ngeri amat Non, jadi inget dulu bule prancis yg ngontrak rumah gw juga punya sekawanan Doberman dan dia punya baby baru umur 2 tahun, yg ngeri bukan dia malah gw.. jgn2 anjingnya laper malah di mamam tuh baby wuidihhh..

    Eh Sis, emang beneran tuh anjing masuk sorga ?? trus kenapa liur anjing itu haram ?? just 4 comment ajah. soalnya gw pernah denger anjing yg berjasa dalam Islam itu pas cerita beberapa pria yg terkurung di Gua Kahfi, sampai akhirnya turun ayat Kahfi, tul gak??

    By Blogger Unknown, at 6/16/2006 8:07 AM  

  • Uhhh.. tragis bener ya. Sama pemandangan disini juga gitu Sis, di bus, supermarket, semua berseliweran tuh guguk... Cuma aneh aja ya ko sampe makan bayi.. duh.. tragisssss...

    Niwey, met week end yaak..

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 8:55 AM  

  • sadis bener tuh anjing sis...
    kudu di sekolahin kali biar gak sadis.
    hehehehe.....

    By Blogger angel, at 6/16/2006 10:19 AM  

  • Anjing adalah binatang piaraan. Dia disenangi karena terkenal setia dan begitu melindungi sang tuannya. Dia didoyani karena sangat kenal dan membela kala tuannya sedang dalam masalah. Dia juga dipandang sebagai makhluk yang cerdas karena sifatnya yang cepat belajar dan tanggap situasi.

    Tapi di pihak lain, anjing juga dikenal sebagai makhluk yang kejam, sadis, beringas, dan ganas. Tidak heran banyak sekali manusia, terutama wanita, yang sangat takut dengannya. Banyak sekali insan di muka bumi ini yang tidak berani berjalan melewati dia, apalagi datang untuk mendekapnya.

    Namun, mau menjadi bagaimanakah anjing itu tergantung bagaimana kita merawat dan membentuknya. Dan bagaimanakah harapan kita akan keberadaannya, itulah yang akan terjadi pada makhluk ini.

    Perenungan ini mengingatkan aku, bahwa seandainya anjing saja bisa dibentuk demikian, bagaimanakah kita sebagai makhluk ciptaan tertinggi dan tercerdas tidak bisa begitu juga.

    Kuncinya: semua tergantung sepenuhnya pada tangan sang pendidik itu.

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 11:18 AM  

  • ih aku sampe miris bacanya say...
    dulu aku punya dogie..tapi suatu waktu aku digigit dogienya temen jenis chow chow segede beruang, sejak itu jd rada males deket2 dogie...

    By Blogger blanthik_ayu, at 6/16/2006 11:34 AM  

  • ini fakta ato gosib???// sadis bgt ceritanya.....iiihhhh

    By Blogger Admin, at 6/16/2006 12:42 PM  

  • yang jelas gw ga suka anjing...seramm lho..
    Gw lwbih senang ama kucing....

    By Blogger DeLaKeke, at 6/16/2006 1:19 PM  

  • Terus gimana jeng? apa anjingnya dihukum mati?

    Sudah sepantasnya kalo si anjing dan pemiliknya kena hukuman, bahkan yang empunya anjing harus dilarang untuk memelihara binatang lagi...

    Saya paling gak suka kalo ada orang yang suka melihara binatang tapi gak pernah mengawasi dan meperhatikan binatangnya!! Grrr

    By Anonymous Anonymous, at 6/16/2006 2:15 PM  

  • seblon kena tagih.. komen juga ahhh..

    sama ya Sis.. anjing di sini jg jadi binatang kesayangan.. ke mana-mana dibawa.. bahkan punya salon khusus juga.. Aneh lagi.. banyak keluarga yg lebih senang piara anjing daripada memiliki anak sendiri.. (punya anak mm lebih repot kali ya..) :))

    By Blogger widhi, at 6/16/2006 10:02 PM  

  • pasti anjingnya pitt bull kan ?

    di sini juga sering kejadian, bahkan sempat ada rencana mau bikin undang-undang untuk melarang pitt bull sama sekali di bbrp state tapi rasanya gagal deh

    mendingan AIBO yah, kalo lagi gak mood, bisa di switch off hhehehee

    By Blogger Hide, at 6/17/2006 1:52 AM  

  • gile..sadish!!
    lari duluan gue ngeliat anjing yang tampangnya kek srigala..

    dari dulu aku lebih suka kucing daripada anjing hihihhihi

    By Blogger Emaknya Bunny, at 6/17/2006 7:14 AM  

  • adikku waktu kecil juga pernah diserang ama anjing, sampe babak belur saking jatuh terguling-guling.
    tapi tetangga pemilik anjing gak minta maaf tuh.
    mungkin pikirnya, anjing khan binatang. jadi gak ngerti itu salah apa enggak. si tetangga juga kali mikirnya gitu...gak ngerti dia ikut salah apa enggak. Anjiiiir!!!

    By Blogger Theresia Maria, at 6/17/2006 8:52 AM  

  • setuju sama pernyataan terakhir ! masih banyak gadis dan janda keren,kok. boleh, nambah lagi gak ! kalo meyakini 100 % al-Qur'an ya harus setuju, gitu kan ?? he..hee..heee..heeee. serius nich !

    By Anonymous Anonymous, at 6/17/2006 5:01 PM  

  • kok, aku jadi kangen kamu sich ! gawat dech. bisa-bisanya, ngutip pesan dari pa kyai jadi pengen ketemu sama gadis dan janda ataupun sebangsanya. nich. ojo ngambek yo ! he... hee..heee.

    By Anonymous Anonymous, at 6/17/2006 5:07 PM  

  • Anjing!... beraninya sama bayi. Kalo sudah gini siapa yang harus bertanggungjawan ya?

    By Anonymous Anonymous, at 6/18/2006 8:14 PM  

  • kek org jepun sis...kemana2 bawa anjing! tiap pagi or sore selalu ngeliat org jalan2 nyeret anjing... malah ada pemeo: wanita jepang lebih cinta anjingnya drpada laki2 :P


    siwoer

    By Anonymous Anonymous, at 6/19/2006 4:17 AM  

  • gile serem banget tuh anjing nya...

    By Anonymous Anonymous, at 6/19/2006 9:01 AM  

  • Yikes..!! Kecil jadi teman besar jd lawan *sigh..

    By Blogger Sherlie Yulvianti, at 6/19/2006 12:17 PM  

  • ngga taulah. aku ngga ngerti apa2 tentang anjing. cuma, aku sebel banget sama anjing (bukan sebel sih, sebenernya takut).
    nah, terbukti kan. anjing itu menakutkan... (rrrrh merinding)

    dan, bener. jangan bercinta sama binatang. apalagi anjing. lho???

    By Anonymous Anonymous, at 6/19/2006 12:29 PM  

  • ada juga temen saya yg sgt benci kucing! kalo saya pribadi...yg namanya binatang ya binatang.jgn harapkan binatang menjadi manusia,walo byk manusia yg seperti binatang!

    jadi biarlah mrk hidup di alamnya yg bebas!ga perlu dipelihara maupun dikurung,bahkan dirantai.biarlah mereka bebas...mrk juga berhak mengatur hidup mrk sendiri.

    lagian biaya utk pelihara binatang itu lebih mahal drpd kita mau mengangkat/membiayai anak yatim-piatu guna keperluan pendidikan.saya yakin itu...sebab saya tau dari sodara saya yg pelihara kucing,yg tiap hari harus keluarin uang untuk makan kucing ampe 200ribuan.wah wah wah...pdhl kasih utk biaya anak yatim sekola cukup 300-500rb perbulan lho!

    ternyata binatang lbh berharga drpd manusia dimata mrk ini :( makanya jgn heran byk manusia bertingkah binatang.

    anjing tetap anjing...
    kucing tetap kucing...
    kita memang harus bisa hidup berdampingan dengan mrk, tapi tak perlulah untuk mengekang bahkan mengatur mrk! binatang juga punya naluri!

    miz u mbak >:D<

    By Anonymous Anonymous, at 6/19/2006 7:19 PM  

  • Iihh!! Ngeri amat sih!
    Kasihan keluarga si bayi tuh ... apalagi Ibunya ...
    Anjingnya harus dihukum mati ... berikut pemiliknya juga (kok jadi sadisan saya yah)

    Jadi, ingat anjing2 bos saya yg sering banget dibawa ke kantor ... padahal saya tuh paling takut sama anjing (soalnya waktu TK pernah dikejar-kejar doberman) ... mana mereka tuh bau banget ... heran saya kok mau-maunya orang meluk-meluk anjing or dijilatin anjing (yikes!!)

    Bos saya (& istri serta anaknya) sepertinya menganggap anjing2 itu (yg jumlahnya lebih dari 10 ekor) seperti anak sendiri ... hihihi sampai-sampai teman2 kantor tuh komentar ... kalo bos bakal kasih warisan tuh buat anjing2nya.

    By Anonymous Anonymous, at 6/22/2006 8:43 AM  

Post a Comment

<< Home