Saturday, August 05, 2006

Penunjuk dari Sang Surya

Saya percaya diantara kita sudah sering melihat jam matahari atau Sundial.
Dalam bahasa Perancis di kenal dengan sebutan Cadran Solaire.

Pada Awal perabadan manusia, gerak semu sang surya ketika memberi bayang, dimanfaatkan sebagai pereka waktu. Keteraturan bumi mengelilingi matahari melahirkan fenomena langit beresensi dengan manusia.

Sebatang besi yang di tancapkan pada bidang datar, bila diproyeksikan oleh sinar akan menciptakan bayang. Menariknya, tidak setiap tempat bisa dibangun jam matahari, tergantung pada perjalanan sang surya dari utara ke selatan dan sebaliknya. Dengan kata lain, bila pahatan berada pada letak yang tidak tepat, maka jam tersebut tidak berfungsi. Indonesia beruntung berada di garis khatulistiwa, yang memungkinkan matahari terbit dan terbenam dalam waktu yang konstan. Tetapi di belahan lain, pada musim panas, mengalami waktu bias mentari yang kelewat panjang pada siang hari. Sebaliknya di musim dingin, mengalami malam yang lebih panjang.

Tulisan diatas adalah intisari percakapan antara saya dengan perawat bangunan di sini. Akibat panas yang terlalu menyengat, membuat beliau rajin menyemprotkan air bertegangan tinggi di segala lini. Saat pulang berbelanja dua hari lalu. Tampaklah oleh saya gurat garis di batu dengan beberapa angka romawi yang kini tampak tegas. Selama ini saya seperti hanya melihat sebatang besi tertancap disana tanpa arti, angka dan garis sama sekali tidak menarik perhatian saya, atau karena tertutup samar lumut. Entahlah. Perawat bangunan bilang bahwa ini yang sebut jam matahari


Photobucket - Video and Image Hosting


(Dalam hati saya menyesal, dasar kurang perhatian, kemana aja selama ini…pasti gara gara terlalu rajin ngeblog !!!)

Inilah dialog awal antara sisca yang memakai jam tangan (SYMJT) dan perawat bangunan yang telanjang tangan (PBYTT).

SYMJT : “Maaf, Monsiuer…tapi saya lihat jam nya kurang tepat.” *sok tahu mode ON*
PBYTT : “Sekarang kurang lebih pukul 15.40.” jawabnya mantap.

Terperanjat. Langsung saya cocokkan….dan….TEPAT.* Ikon Pipi merah mode on*

SYMJT : "Bagaimana anda bisa menerka dengan tepat, sementara yang saya lihat garisnya diantara angka satu dan dua?"
PBYTT : “ Oh..itu…karena di sini pada musim dingin kita memundurkan satu jam, sedangkan pada musim panas kita memajukan satu jam. Sehingga kita perlu menambahkan dua jam .“
SYMJT : “Gitu ya…tapi bagaimana anda bisa menerka menitnya dengan tepat?”
PBYTT : “Jarak setiap angka dalam kotak bernilai tiga puluh menit. Lihatlah sekarang arah sinar sudah pindah ke kotak kedua tetapi belum jauh dari garis ."

Dan berbagai penjelasan yang sudah saya tulis diatas.

Takjub. Sebenarnya selama ini alam tidak pernah mengelabui kita. Pantas saya merasa bahwa panas di sini terlalu panjang. Jadi menurut waktu yang syah dari matahari sekarang baru pukul satu siang. Bila sang surya menurut perhitungan baru meredap pada jam enam sore di bumi khatulistiwa, maka disini pukul delapan masih terang benderang. Senja baru tiba sekitar pukul sembilan dan malam baru benar benar berkuasa antara pukul sepuluh malam. Semua tergantung kepada perlintasan yang dilalui bola langit itu.

Saya mengerti jam matahari kini hanya sebagai hiasan belaka, tapi menyusuri silsilahnya, sungguh membuatku terperangah akan kehebatan nalar manusia kala itu dan juga ketepatan waktu yang diakui semesta.

*************************************

36 Comments :

  • hm... bener sih mbak, kadang kesibukan membuat kita melupakan untuk memaknai hal2 yang terlihat "ngg"ak penting

    By Blogger b. gundul S. Farm, at 8/06/2006 3:13 PM  

  • Jadi ingat waktu kecil dulu, dimana dirumah ga ada jam dinding apalagi jam tangan..,Jadi kalo Ayah saya mau berpergian cukup liat matahari doang sebagai penunjuk jam.

    By Blogger DeLaKeke, at 8/06/2006 3:19 PM  

  • waduh... baca postingan yg ini bikin aku ingat ma nenekku yg udah meninggal bbrp tahun yg lalu. lho koq?! ceritanya, beliau yg pernah ngajarin aku gunain matahari sbg petunjuk waktu sholat :)

    hehe... aku butuh waktu yg cukup lama melototin gambar jam itu sblm bisa ngerti cara perhitungannya... thx Mbak, nambah pengetahuan..!!

    btw jam kerjanya gimana tuh Mbak kalo pas malamnya lebih panjang or sebaliknya?!

    By Anonymous w@hyu, at 8/06/2006 4:54 PM  

  • "...pasti gara gara terlalu rajin ngeblog !!!..."
    gak berarti harus berhenti ngeblog kan setelah ini?! hehehe...

    By Anonymous w@hyu, at 8/06/2006 5:02 PM  

  • alam sedari dulu memang selalu memberikan tanda-tanda. mulai dari waktu, sampai sebetulnya tanda-tanda bencana juga.

    membaca postingan madame sisca ini, aku jadi terhenyak dan ikut terpesona. dan juga ngiri karena ada orang yang bisa baca jam dengan sangat tepat tanpa harus melihat jam buatan manusia. keren banget tuh si ibu-ibu itu ya sis...

    coba kalo kita bisa tahu ini jam berapa, ntar mau ujan atau enggak, ntar gelombang laut bisa meluluhlantakkan daerah kita apa enggak, ini angin yang begini maksudnya gimana, trus itu benda merah biru di langit itu apaan, ohhh,,,salah dink kalo itu mah superman. :D :D :D ;p

    By Blogger ~fitri~, at 8/06/2006 5:41 PM  

  • Thuns Ga Punya Jam Tangan (TGPJT)

    TGPJT : "waaah saya kagum sekali ama PBYTT, jaman sekarang masih bisa ngerti ilmu2 begituan!"
    SYMJT : "kalau sama saya kagum nggak thuns?"
    TGPJT : "waaah jauh lebih kagum ce..., cece siska gitu loch", sambil kedip-kedip! hehehehe ;;)

    btw saya dulu waktu kecil punya jam tangan matahari lho ce...! maksudnya beli jam tangan di toko matahari...! huahahahaha =))

    tuh kan... terbukti bodoh & ga berguna :(

    By Blogger thuns, at 8/06/2006 6:33 PM  

  • matahari ? silaaauuu maaaann...

    By Blogger dian mercury, at 8/06/2006 10:24 PM  

  • eh, kalo malem gimana ya? apa ada jam bulan?

    By Blogger mimimama, at 8/07/2006 12:14 AM  

  • Nalar dan pikiran manusia memang hebat, karena sudah bisa menciptakan bermacam2 alat bantu termasuk jam matahari, tapi kehebatan manusia terbatas, dan tidak mungkin bisa mengalahkan Tuhan Maha Pencipta semesta alam... Selamat menyambut awal pekan meme Sisca dan selamat bekerja SUKSES SELALU yack

    By Anonymous upar, at 8/07/2006 1:34 AM  

  • kalo pulang ke indo jangan bawain jam matahari sebagai oleh-oleh ya....kakaka....:)

    By Blogger meke, at 8/07/2006 2:58 AM  

  • yang mata tahu jam itu adalah unit waktu. lamanya 1/24 hari. satu jam terdiri dari 60 menit dan 3600 detik.

    hahaha

    bisa dikirim via pos ngga sis jam mataharinya...pengennnn

    By Anonymous mata, at 8/07/2006 3:45 AM  

  • #

    By mimimama, at 8/07/2006 12:14 AM
    #

    Nalar dan pikiran manusia memang hebat, karena sudah bisa menciptakan bermacam2 alat bantu termasuk jam matahari, tapi kehebatan manusia terbatas, dan tidak mungkin bisa mengalahkan Tuhan Maha Pencipta semesta alam...

    emang bener banget tapi dunia ini kan bergantung pada manusia sendiri sebagai mahkluk yg menjalani dunia "MAnusia selalu berpikir kan ??"

    By Anonymous cokyday, at 8/07/2006 5:18 AM  

  • Hebat..hebat si pak PBYTT bisa membaca jam matahari dgn tepat.

    By Blogger Nia, at 8/07/2006 5:46 AM  

  • tulisan romawi itu menunjukkan agka berapa yah????

    maaf dah lupa angka romawi....

    By Blogger misisawa, at 8/07/2006 8:49 AM  

  • :d masih suka salah jam kalo berangkat kerja tgl 21 maret dan oktober,lupa ganti waktu non sisca,abis pergantian jam ( maju untuk summer-mundur untuk winter) berlakunya setelah jam 2 subuh hehe mana bisa bangun kalo udah molor ;)

    happy monday yah :X

    By Blogger Biru, at 8/07/2006 3:26 PM  

  • kalo swatch bisa dipercaya gak sis? gue sih percaya soale fisika and bumi antarikasa gue bolot, makanya sekolah design kakakakkaa

    By Blogger The same gal from the Bronx, at 8/07/2006 5:05 PM  

  • waktu adalah Tuhan itu sendiri...btw, aku seneng ide pemilihan term SYMJT & PBYTT itu :D

    By Anonymous Hedi, at 8/07/2006 8:41 PM  

  • Alam memang tidak pernah berbohong kepada manusia...

    btw di Indonesia juga katanya ada jam matahari ya Jeng? tau lokasinya dimana?

    By Anonymous Avante, at 8/08/2006 12:22 AM  

  • belum pernah liat jam matahari...

    emang plg enak di katulistiwa, bisa me reka2 jam berapa dari meliat bayang2 matahari.

    By Anonymous siberia, at 8/08/2006 2:22 AM  

  • sis mestinya kita beruntung di indonesia dengan lintas matahari yang tak pernah melenceng dari 23 1/2 derajat bujur timur dan barat kita cenderung punya matahari sepanjang tahunnya dan perbedaan siang malampun tak lah jauh extremnya. sayangnya iklim itu makin kacau karena secara micro cuaca sudah mulai ngaco keteraturannya hanya karena ulah kita yang tidak bisa menjaga keseimbangan alam dan ekosistem...

    By Blogger Sam, at 8/08/2006 3:06 AM  

  • so sis, lain kali klo ngeblog lihat kanan kiri jugah hehehhehe *emang bisa?*

    By Blogger miss g, at 8/08/2006 5:44 AM  

  • aku pernah lihat penunjuk waktu pakai botol disi semacam pasir..hehehe itu juga tepat sekaliiiii

    By Blogger Wishing On The Star, at 8/08/2006 8:49 AM  

  • Jadi inget kalo makan di Mc D, ada jam pasir.. kalo pasirnya penuh dan pesenan belon dateng, kita dapet bonus kentang atau ice ceram, haiyahhhhhh..

    O iya sis, dikau parah juga ya dalam hal masak.. kikikik, aku ada temen berarti..

    By Anonymous Tina, at 8/08/2006 9:43 AM  

  • huahuahua,,,,udah keabisan komentar..

    By Blogger Chaerani, at 8/08/2006 2:17 PM  

  • Dulu, waktu es de, di Pramuka, diajarin cara bikin jam ini.

    Jaman dulu anak esde eskulnya Pramuka. Jaman gene eskulnya maen ps hahahaha ...

    By Anonymous MaIDeN, at 8/08/2006 4:11 PM  

  • He he he jadi pingin ke matahari sis katanya sih ada sale ;).....

    miss u

    By Blogger TaTa Handono, at 8/09/2006 5:07 AM  

  • huahahahahhaa......tertipu ternyata
    (tertipu tapi kok saya ketawa yak)

    By Blogger benx, at 8/09/2006 8:11 AM  

  • aku ga tau kenapa dari kecil ga suka pake perhiasan termasuk jam tangan, duh males banget deh, sampe sekarang masih ga pernah pake jam tangan, sukurnya ada hp ama jam idup hehehe jadi klo mo tau jam berapa tinggal tanya orang2 di sekitar aja, "sekarang jam berapa ? " :D

    By Blogger mutiara nauli pohan, at 8/09/2006 10:20 AM  

  • ilmu tsb dari Prancis, tp bisa dong diyerapkan di Bandung? hueheueheu

    By Anonymous iin, at 8/09/2006 10:31 AM  

  • Ass, sisca ini sha, monsiuer itu keren bgt bs baca jam matahari. tp gmn carany kita bs tau dgn pasti klo musim dingin hingga kita bs mundurin wkt satu jam atau musim panas hingga kita majuin wkt satu jam? maap tulalit en agak lemot ni krn blm tau bedanya musim panas sm musim hujan disana sm dsini. klo dsini kan suka ga jelas cuacany, dblg musim hujan tp terang benderang, dbilang musim panas tp hujan

    By Anonymous sha, at 8/09/2006 11:28 AM  

  • Hehe, aku patokannya cuman, gelap ato terang. kalo terang brarti masi aman buat berkeliaran. Kalo gelap, brarti dah mulai deket2 ama jam tidur... Hehehe..
    *males banget ya..?,:D*

    By Anonymous cK, at 8/09/2006 8:16 PM  

  • Oleh2 jam Matahari donkzzzzzzz...

    Bayangannya bisa sampai atas nggak ya, maksudnya yang tulisan MCM itu....

    By Blogger z31nt, at 8/10/2006 11:17 AM  

  • kata cowo gue dia juga bisa nerka jam dengan tepat cuma dengan ngeliat gerak matahari :d besok2 tanyain ah :D

    By Blogger Meli-in-the-Bong, at 8/10/2006 1:35 PM  

  • Keren Banget Mbak?? Bisa tepat sampai menit2nya ya???

    By Blogger misisawa, at 8/11/2006 6:26 AM  

  • Sesungguh nya akan lebih terperangah lagi kalau anda memahami bahwa ada yg lebih HEBAT lagi di balik semua itu.

    DZAT YG MAHA JALAL, MAHA HEBAT, yg menciptakan manusia yg anda bilang hebat juga, yg menciptakan Matahari Bulan Bumi Bintang-Bintang dan se isi Jagat Raya ini, YG Menciptakannya cukup dengan 2 huruf saja KAFF dan NUN, maka Jadilah. Tanpa perlu bantuan siapapun dan alat apapun.

    HEBAT!!!!!

    By Blogger Hamba ALLAH, at 8/22/2006 4:49 AM  

  • ...........????
    Cold!Eh, maksudnya COOL ^_^

    By Anonymous Anonymous, at 7/18/2007 4:33 PM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home