Friday, January 06, 2006

Satu Hari, Satu Ketika

Jam 12.10 hape saya bergetar. Saya tersenyum melihat nama yang muncul di layar.

"Sisca, kamu ada waktu hari ini ?"
"Betul, sampai jam enam sore, ada apa ?"
"Lima belas menit lagi dijemput ya, siap siap".

Telpon terputus setelah satu jawaban singkat "à tout a l'heure"

Sebetulnya saya benar benar kelelahan setelah berhari hari kurang istirahat lantaran kebanjiran tamu. Kalau boleh jujur saat ini saya lebih ingin sendiri, tapi, dari bibirku hanya bisa berucap iya, lantaran yang menelpon adalah Catherine Jones, seorang sahabat yang saya dapat selama melanglang di sini, rasanya kejam sekali untuk berujar "NON" kepada mahkluk manis ciptaan Tuhan yang satu ini.

Meski jarak usia diantara kami cukup jauh, malah membuat saya lebih leluasa terutama buat curhat. Saya juga kurang mengerti bagaimana asal muasalnya kami bisa sedekat ini, mungkin karena Catherine adalah seorang Formatrice, sebuah jabatan sosial yang membuatnya lebih banyak melebur dengan para pendatang dan membantu perantau seperti diriku mempelajari hidup di Perancis, atau mungkin juga karena saya selalu bertutur lugu, apa adanya membuat banyak orang di sini menaruh rasa suka kepada sikapku. Ataukah itu hanya persepsiku belaka, karena terlalu "ge er" ? entahlah...

Dari Catherine jugalah saya jadi lebih mengenal Canut Reyes Sang Vokalis Gipsy Kings, sebab Catherine adalah sahabat baiknya, malah oleh mereka berdua saya sudah dikukuhkan sebagai "La petite sœur d’Asie" ( adik perempuan dari Asia ). Hmmm ….sementara Canut sendiri seminggu dua kali pasti konser di tempat kami, tentu saja bila sedang cuti order dari luar. Pernah juga saya diajak untuk melihat proses recording album barunya yang sebentar lagi akan beredar, dan tujuh kali kami pernah makan bareng di restoran di kota kecil ini. Mata rantai itulah yang akan saya posting hari ini, bahwa saya sungguh beruntung menjadi bagian dari mereka.

Well, lima belas menit kemudian Catherine sudah hadir dihadapanku dan langsung membuka pembicaran bahwa kita akan makan siang bersama Canut, terus saya dengan pede langsung menyela, apakah beliau akan memintaku lagi untuk memilih tempat seperti biasa, tapi kali ini perkiraan saya meleset, hari ini berbeda, kata Catherine, Canut sekarang sedang berada di rumahnya yang sederhana dan turun tangan sendiri menyiapkan party buat kita, tak terbayang olehku apa yang dikerjakan Canut di rumah Catherine, rumah munggil yang hangat dan sudah masuk daftar tempat singgah keduaku di Perancis bila kelak suatu hari aku kembali lagi ke sini.

Saya merasa takjub saat tiba, meja sudah tertata rapi layaknya satu perjamuan, khusus untuk kami bertiga, masing masing dua buah gelas, dua buah piring, pisau, garpu, mangkok kosong, tema makanan SEEFOOD…. !!! eeerrr saya melihat ada sepiring oester mentah di tengah meja.. hhmmm, no coment, sepiring kecil udang goreng, hah..ini oke, bathinku dalam hati dan semangkok kerang hijau ( moule ) ini perfect, begitu bisikku pada perutku.

Tanpa basa basi lebih panjang, Canut mempersilahkan kami untuk duduk manis di posisi masing masing. Hidangan di awali oester mentah yang sudah diperasi Citron, dan saya terpaksa basa basi mencicipi satu biji, dilanjutkan dengan udang dan kerang, yang rasanya sungguh mammmammmiiaaa… menu juga dilengkapi steam ikan lezat yang saya tidak tahu namanya, tidak lupa baguettes (sssttt... roti yang andai ketimpuk bisa benjol), dan diakhiri sekeranjang parcel buah segar. Semuanya, dari belanja ke pasar hingga penyajian, dipersiapkan dan di tata apik oleh Canut. Ternyata beliau tidak hanya pintar memainkan piano dan memetik gitar, tapi piawai juga di dapur, sebuah prestasi yang mengagumkan dari seorang vokalis ternama seperti dirinya. Acara makan siangpun selesai dengan tepuk tangan antara saya dan Catherine sebagai ucapan terima kasih. BRAVO CANUT. Setelah itu, kami tidak diijinkan membantu menaruh perabotan and the gank ke mesin pencuci piring, hari ini dialah yang mengerjakan semuanya, dan kami berdua adalah "ratu" nya. Oke deh kakak.... sering sering aja ya..biar suaranya nanti tambah merdu *gak nyambung mode on*













Jam enam sore saya diantar kembali ketempat tugas, mempersiapkan segala sesuatu karena mulai jam delapan malam Canut harus konser menghibur tamu tamu di sini. Saya juga lupa kalau hari ini dari siang menjelang sore, ingin beristirahat. Kelelahan, rasa jenuh, suntuk dan beban yang ada di kepala selama berhari hari, sirna seketika, kala berada di tengah tengah mereka yang begitu tulus dan memahami diriku.


Dan inilah persahabatan kami, diantara hiruk pikuk musik gipsy hampir tiap akhir pekan, ditumpukkan buku dan foto serta macam macam lukisan, di sebuah Organisasi Seni & Kebudayaan Perancis Selatan...................

12 Comments :

  • Sis, aku juga sama dgn kamu, selalu menjadi orang kesayangan disini. Dimana aja, setiap saat. Selalu perhatian. Temanku disini bilang karena kita dari jauh tanpa saudara, jadi mereka tidak mau kita merasa asing di negera yang memang asing bagi kita.:P

    Dan satu hal lagi menurut penilitian disini, orang indonesia tinggal di luar negeri bisa lebih disukai. Karena budi pekerti dan sopan santun kita lain dari mereka.

    Rasanya bangga ya jadi orang indo, pulangggg ahhh ke indoooo, kangen ama rumah....=))

    By Anonymous Anonymous, at 1/07/2006 1:46 PM  

  • Bev, terima kasih atas komentarnya yang sejuk. Senang sekali bisa mengenalmu meski hanya sebatas dunia maya.

    Dimanapun kita berpijak, tempat hanyalah sebuah nama. Yang membuat kita akhirnya bisa berbaur karena rela menyesuaikan diri dengan perbedaan itu.

    Saya turut bersyukur atas karuniaNya kepada kita, menjadi kesayangan adalah impian manis saat berada jauh dari sanak famili.

    Saya kangen sekali pada tanah air, tapi belum ada jadwal kembali dalam waktu dekat.

    Salam hangat.

    By Blogger Sisca, at 1/07/2006 4:03 PM  

  • wah daftar makanannya...aku banyak nggak kenal hehe...

    ikan mentah enak lho jeng buat dressing :D
    ayo mulai nyoba makanan mentah...

    By Blogger Unknown, at 1/08/2006 11:12 AM  

  • Jeng Ria, aku sudah dijejelin berbagai macam rupa makanan di sini, dari yg mentah sampe yang matang, dan yang terbaik tetap masakan asli Indonesia..

    Aku cinta, kamu cinta, semua cinta, produk Indonesia...*sambil nyanyi*

    By Blogger Sisca, at 1/08/2006 11:56 AM  

  • gantian besok kamu yg bikinin mereka nasi goreng ato rujak hehehe moga2 nggak pada mules :p

    By Blogger Eddy Fahmi, at 1/08/2006 3:32 PM  

  • Mas Fahmi, gak janji deh, secara orang Perancis perut karet gitu, jangan2 malah doyan, nanti saya yang repot dapat tugas tambahan :)

    By Blogger Sisca, at 1/08/2006 3:56 PM  

  • maxutnya gypsi king yang nyanyiin bamboo leo ituh...duh aku gak inget judul pasnya...yah kira-2 gitu deh tebakanku. soalnya pernah punya satu kaset the bestnya dia...cuman ituh kalo emang betul gypsy king yg aku maxutkan....well, slamat lah kenal sama beliau.... dan kaget lagi ternyata mrk di prancis toh...tak kiran org-2 mexico or di amrik latin gituh...

    bamboo leoooooooo...
    bambo leaaaaaa....

    jreng jreng :P

    By Anonymous Anonymous, at 1/11/2006 3:02 AM  

  • Tebakan kakak Siwoer benar, hits mereka yg paling populer itu Bamboleo, Jobi Joba, Marina, dan masih byk lagi. Canut Reyes (www.canutreyes.com/) paling sering nyanyi di sini. Mereka semau lahir di Selatan Perancis. kalo sy sukses merayu promotor negeri kita, di tunggu saja kehadiran mrk di tanah air. Doain ya...tq

    By Blogger Sisca, at 1/11/2006 10:18 AM  

  • Hai Sisca, its nice blog.

    Roberto

    By Anonymous Anonymous, at 1/12/2006 12:09 PM  

  • Dear Sis,

    Seneng udah bisa mampir kesini, sama kok - typical orang indonesia lebih santun dari banyak perantau negara lainya, satu hal yang jelas harus diakui bahwa orang2 indonesia gak males mandi - jadi nggak bau kelek layaknya orang2 disini. Ampuun deh!

    Saya juga kangen pulang nih!, masih harus nunggu sampe summer ini baru jatuh tempo cutinya. Buat pasukan disana, salam hangat dari afrika barat! :)

    By Blogger L. Pralangga, at 1/12/2006 7:52 PM  

  • Kayaknya santai sekali yah hidup di eropa, bener-bener menikmati sekali, ya ramah orangnya (terlepas dari apa yang saya denger bhw orang prancis tuh somse banget!) - tapi bedaa banget ama hidup di amerika yang notabene aku & keluarga survive idup di new york yang hiruk pikik dan selalu seperti dikejar2 macan aja :)

    Ok, Europe - I am coming! (gimana sih kiatnya idup santai di prancis?) Seneng bisa ndenger Sisca bisa enjoy dengan keseharian dan orang2 sekitar yang ramah.. kayaknya aku mesti mampir summer ini, kita piknik yuk!

    Nuhun pisan udah ditengok - saya blom ngirim invitation berlangganannya :) - si idung pesek itu mau dateng nengok ke Liberia bulan depan..

    By Blogger L. Pralangga, at 1/25/2006 6:36 PM  

  • salam buat canut ya mbak sisca:)
    hidup gypsi king! they need help with their website design i think...

    By Anonymous Anonymous, at 1/26/2006 1:22 AM  

Post a Comment

<< Home