Saturday, January 21, 2006

Benarkah Ada Selingkuh ?

Stella saya persilahkan beristirahat sejenak di ranjangku. Setelah puas mengeluarkan segala uneg uneg di dadanya. Hampir tiga jam lamanya dia terus bercerita, sesekali terdiam atau menangis, membanding dan membuat kesimpulan sendiri, menunggu dukungan, berharap saya mengiyakan pendapatnya.

Setelah membetulkan selimutnya, saya kembali ke depan komputer, ingin menulis. Ya …saya hanya ingin menulis mengenai kisah Stella, saya mulai berpikir bagaimana bisa menuangkan seluruh emosi Stella, mencoba menghadirkannya semirip mungkin dengan apa yang dirasakannya. Saya selalu menyadari bahwa saya tidak piawai dalam menulis, saya hanya bisa mengungkapkan segala sesuatu dengan bahasa yang terlalu sederhana untuk dikatakan tidak layak dibaca. Dan sangat sulit bagiku untuk mengekspresikan sesuatu seperti teman teman lain di dunia maya, yang cerita cerita mereka begitu runtun, enak dibaca, resensinya jelas….ah…kenapa saya harus jelous, toh tidak ada hukum yang dibebankan kepadaku bila ternyata saya gagal membuat satu postingan.

Baiklah…………….

Sebelum kedatangan saya kemari, Stella & Marc sudah menjadi pasangan tetap tiap akhir pekan untuk mendengarkan musik atau kumpul kumpul di sini. Saking seringnya dua orang ini kesini, sampai sampai kedatangan mereka tidak lagi dianggap pengunjung, bila tidak ada even pun mereka akan datang sekedar minum, sering mereka ke taman untuk mencabut rumput, memetik kembang ataupun bermain bola besi. Dan pada musim panas mereka terlihat akrab bercanda sambil berjemur dan berenang, berbaur dengan pengunjung lainnya. Saya juga mengakui jarak umur mereka terbilang jauh meskipun tidak dapat kupungkiri kalo mereka terlihat serasi.


Lanjut ya,

Stella bilang, bahwa Marc, akhir akhir ini sering terhipnotis di depan layar komputer, Marc betah seharian berlama lama, dan berkencan dengan komputer, mengabaikan senyum manis Stella dan membiarkan Stella sendirian, malah belakangan ini Marc sering meminta Stella untuk tidur lebih dulu dan Marc baru bergabung kira kira jam dua pagi. Pertama Stella berpikir bahwa Marc benar benar sibuk dengan pekerjaan dan mencoba memakluminya. Karena penasaran diam diam Stella mengintip, apa yang menyebabkan pasangannya ini betah berlama lama di depan layar dan bukan dengan dirinya. Namun demi mendengarkan bunyi ketikan keyboard yang berirama, Stella urung menuduh Marc sedang main games, dicobanya berpikir positif, barangkali ini adalah proyek awal tahun yang harus diselesaikan Marc, toh apa yang dilakukan Marc adalah demi masa depan mereka berdua. Sampai kemarin malam saat giat giatnya Marc mengetik, tanpa menyadari kehadiran Stella, tiba tiba Marc dengan gugup menutup layar monitornya , dan tanpa rasa bersalah menggantikannya dengan membuka outlook., bahkan Marc yang biasanya begitu tanggap tidak tahu, sudah berapa lama Stella berdiam di situ…

Diceritakan Stella, beberapa waktu yang lalu, seorang wanita dari negeri Belanda berusaha mencari tahu keberadaan Marc lewat situs internet dan menemukan telepon rumah yang kini dihuni oleh ibunya Marc. Tanpa ada prasangka yang berlebihan, ibu Marc memberikan HP anaknya setelah interview singkat. Segera setelah menutup telpon, ibu Marc mengabarkan berita ini kepada Marc. Konon wanita itu mengenal Marc delapan belas tahun yang lalu, saat Marc berusia delapan belas tahun, lebih muda dua tahun dari si Holan. Bagi wanita itu, sebut saja namanya Ellen, Marc adalah cinta pertamanya, sedang bagi Marc, wanita itupun memiliki memory tersendiri karena mereka pernah bersama sama selama dua tahun. Terbukti setelah delapan belas tahun perpisahan tanpa ada kabar diantara mereka, Marc masih mampu mengingat suara Ellen yang empuk, meski Ellen dan Marc sekarang berstatus sudah ada yang punya, tapi..…tapi…...bertemankan…..hm…...boleh boleh aja.


Dan setelah sua pertama via telpon antara Marc dan Ellen, terjadilah ikatan tak resmi itu, hingga kinipun Ellen masih menyimpan foto Marc saat masih culun, foto itu di scan dan di kirim via email kepada Marc. Tidak terhenti sampai di situ, mereka juga sering chatting, bahkan diberitakan Ellen bahwa suami resminya, yang sama sama holan itu, mulai cemburu kepada Marc. Mulanya Stella berusaha menanggapi dengan biasa saja, namun setelah memergoki apa yang dilakukan Marc tengah malam di depan komputer ternyata chatting bersama Ellen, sama sama mencuri waktu saat pasangan masing masing dianggap sudah terlelap, terbakarlah emosi Stella.


Saya pribadi mengenal Marc sebagai seorang yang humoris dan supel, hampir setiap saat Marc mengungkapkan betapa cintanya sudah harga mati kepada Stella. Marc pernah mengalami kegagalan dalam rumah tangganya sebelum bersama Stella. Begitupun Stella pernah patah hati beberapa kali sebelum bersama Marc. Dua insan yang berpengalaman patah hati itulah yang kini menyatu dalam satu ikatan. Berusaha memahami satu sama lain. Hingga prahara malam kemarin…

Saya berusaha mendengar, menyakinkan, menghibur Stella agar tidak berburuk sangka, bahwa mungkin yang dilihatnya hanya kebetulan belaka. Jangan gara gara melihat chatting sepintas, menjatuhkan talak. Saya juga sering chatting, sekedar berbagi, mengisi waktu luang kemudian….oooops…kemudian….ada sedikit ketergantungan……hhhmmmm…..iya……cuma sedikit…..hanya bila ada waktu luang…….dengan teman teman dari berbagai pelosok….

24 Comments :

  • Sisca, aku juga bingung pertanyaanmu \, benarkah ada selingkuh? karena aku menghabis sebagian waktuku di depan komputer.

    Baik itu cari information, working, and chating juga. Dan aku selalu komunikasi dengan teman-teman lewat chting. Bahkan kadang chat sampai lupa waktu.]

    Teman-teman menjuluki komputer sebagai "suami" untukku. Kayaknya tidak ada yg lebih penting selain internet. Dan karena hal itu byk mendatangkan masalah untuk hubungan sosial.

    Sampai aku kalau sehari tidak berhubungan dengan komputer, rasanya sepi bgt hidupku. Bahkan kehilangan arah sepertinya(parah amat). Dan ada "orang" yg memang jealous ama tuh komputer.

    Sampai sambungan internet di kacaukan. Atau recorder penyambung adls di umpetin(jahat ya?)

    Maka jawabanmu tidak terjawab olehku. Kalau akau jawab iya, berarti aku juga bersel;ingkuh dong ama internet, tapi kalau tidak, kayaknya ya gitulah *confused* mode on. Ini posting atau comment? hehehehe

    By Anonymous Anonymous, at 1/22/2006 9:17 AM  

  • Lagi, aduh sisca, tulisan kamu tuh bagus. Enak di baca kok. Percaya diri dong Sis. Aku juga belajar tulis tuh. Tulisan ya tidak bagus2 amat but aku pede bgt, hehehehe(tidak tahu malu)

    By Anonymous Anonymous, at 1/22/2006 9:22 AM  

  • Bev, terima kasih atas "posting" tambahanmu...

    Saya pikir kita semua ada dalam selingkuh, hanya kadarnya apakah masih dalam batas toleransi atau sudah melampai batas

    Saya juga sering meninggalkan tugas "sebentar" hmmm....untuk berasyik ria di di halaman lain di depan komputer, juga seperti kamu, cari informasi dan membalas sapaan teman teman, tanpa terasa saat berada di halaman lain itu, saya jauh lebih betah daripada memikirkan cashflow & budget yg harus saya susun.

    Bev, jaman sekarang rasanya internet itu sudah merupakan kebutuhan utama ya...mungkin orang yang mengacaukan internetmu itu menaruh hati padamu :)

    Tentang tulisanku, thanks ya...atas sanjunganmu....saya masih dalam taraf belajar, smg di masa masa mendatang, saya mampu menulis lebih baik...saran dan masukan dari semua teman teman turut membentukku ke arah itu...

    Percayalah, hasil karyamu itu bagus dan saya yakin bagi mereka yang membaca pasti memiliki pandangan yg sama denganku...so...pedemu sungguh beralasan, he he he

    Have a beautifull sunday for u.

    By Blogger Sisca, at 1/22/2006 11:28 AM  

  • hai sisca caem, menarik sekali topik yg kamu tulis. sampe sekarang juga orang yg pinter di bidang relationships masih bingung apakah ini termasuk penyelewengan terselubung. soalnya ngga berhubungan fisik satu sama lain. kalo aku keasikan chat, mending di sebelah suami. jadi ngga menimbulkan prasangka jelek. juga sebaiknya tanpa diminta marc juga njelasin kenapa lama didepan kompu. walau bagaimana, stella harus dinomorsatukan. dia punya hak buat negur. gitu juga hubungan aku ama erik, terbuka satu sama lain. daripada jadi pertengkaran.
    wah, jadi kayak psikolog nih. mudah2an pendapatku ini jadi input buat yg lain. ngga enak khan kalo pasangan kita punya rahasia, sementara kita udah jujur. take and give, lah.

    By Blogger Theresia Maria, at 1/22/2006 3:03 PM  

  • Miniez cantik, saya juga mempunyai pikiran yang sama denganmu, dan saranmu akan kembali saya sampaikan kepada Stella & Marc.

    Semalam kita semua yang ada di sini turut prihatin, memanggil Marc dan memberitahu tentang kesalahpahaman ini

    Marc sudah mengaku salah dan minta maaf, bila ternyata Stella merasa diabaikan..mereka berdua telah berdamai

    Atas nama Stella & Marc, sekali lagi saya ucapan terima kasih.

    Happy ending :)

    By Blogger Sisca, at 1/22/2006 5:06 PM  

  • sis, sukur dah kalo pasangan ideal ini dah baikan lagi. relasi khan ngga lepas dari cobaan. dengan kejadian ini bisa menambah erat hubungan batin satu sama lain. kalo cerita pribadi kamu gimana,sis. tak tunggu loh (*psst...dasar miniez biang gosip, hi..hi..).

    By Blogger Theresia Maria, at 1/22/2006 9:44 PM  

  • Miniez yg baik,

    Saya hanya seorang yg sangat sederhana, dan tak ada yang istimewa yg bisa saya tonjolkan :)

    (sssttt...gosip untuk Sisca di tunda sampai ada pemberitahun lebih lanjut )

    By Blogger Sisca, at 1/22/2006 10:22 PM  



  • Plot-nya mirip film french yang judulnya lupa, tentang 2 pasangan yg bertemu dengan ex mereka dan bertanya "what woulda happened had i stayed".

    a+
    macchiato

    espresso.over-blog.com

    By Anonymous Anonymous, at 1/23/2006 12:47 AM  

  • Macchiato, apa iya gitu ? padahal saya menulis satu kisah nyata :)

    Vous connaissez beaucoup de choses sur la France.

    Salutation,
    Sisca

    By Blogger Sisca, at 1/23/2006 11:35 PM  


  • En fait je voulais que ton post, ca m'a fait rappelé d'un film français que j'avais vu l'autre semaine.

    Euh au fait, comment appelent-ils les habitants d'Arles? Arlais, Arleain, Arlesain, Arlesais ?

    bizzzzzzzzz a+

    macchiato
    espresso.over-blog.com

    By Anonymous Anonymous, at 1/24/2006 12:44 AM  

  • oh udah baekan mereka skr? sukurlah sis!

    biasa ituh dalam lautan kehidupan? *setdah gaya banget ya gw, kayaknya banyak pengalaman aja* :P

    By Anonymous Anonymous, at 1/24/2006 2:39 AM  

  • ayo ayo sisca nulis novel ato bikin filem gitu... ini bahan ceritanya sudah bagus hihihi :D

    By Blogger Eddy Fahmi, at 1/24/2006 4:51 AM  

  • bisa dijadikan pelajaran yang bagus nich....semoga bisa jadi acuan (dan bahan pertimbangan) sebelum melakukan "selingkuh" (jujur ini aku juga masih belum kepikiran hal seperti ini dianggap sebagai selingkuh) ...;p

    Oya, lam kenal ya...(sorry, udah comment dulu sebelum kenalan...;p)

    By Blogger choenhwie, at 1/25/2006 5:58 AM  

  • Sapa bilang kamu gak bisa nulis? tulisannya asik kok!
    ikut seneng buat Stella dan Marc yang udah baikan lagi.....

    By Blogger miraykemuning, at 1/25/2006 9:36 AM  

  • ah nunggu gossip ttg Jeng Sis aja..:D

    By Blogger Unknown, at 1/25/2006 1:33 PM  

  • Macchiato, saya juga tidak tahu judulnya :) Penduduk di Arles namanya Arlesain, malah tahun lalu saya sempat melihat fesival pemilihan ratu Arlesain, yang selain menguji bahasa provencal juga ketrampilan mengenakan baju tradisional.

    Kakak Siwoer...hmm..jangan jangan emang berpengalaman ;)

    Mas Fahmi bisa aja :) mana ada kemampuan bikin novel, buat posting aja sering blank.

    Choenhwie, salam kenal, terima kasih, rasanya kalo lagi ngenet, memang suka keasyikkan, sehingga bisa disebut "ada affair" hanya mungkin secara non fisik.

    Mbak Miray, terima kasih atas supportnya, salammu sudah saya teruskan kepada Marc & Stella juga selamat untuk kelulusannya, bangga sekali dpt kunjungan dari sarjana baru :)

    Hayo...Jeng Ria, mo gosip apa ? secara Jeng sdh diperpanjang kepulangannya, mestinya Sisca yang gosip ...siapa tuh yg kasih beasiswa *sambil kedip2mata*

    Buat semuanya yang sudah mampir ataupun numpang lewat, semoga hari harinya menyenangkan. sekali lagi terima kasih.

    By Blogger Sisca, at 1/25/2006 4:47 PM  

  • trisno jalaran soko kulino ya jeung....

    By Blogger kinanthi sophia ambalika, at 1/25/2006 5:17 PM  

  • Mas Sam, ikki maksdune opo toh ? aku ora mudenge, mbok nulis pake bhs nasional toh :)

    By Blogger Sisca, at 1/25/2006 6:16 PM  

  • sis, gak tau basa jawa yach. komennya sam itu artinya; karena trisno tuh orangnya suka nyeleweng makanya suka dijewerin kupingnya ama istri.

    By Blogger Theresia Maria, at 1/25/2006 9:47 PM  

  • enak kok sis gaya bahasanya. saya malah ; kok pendek amat sih ? terhanyut oleh tulisan kamu.

    ngomong2x, gimana stella ? apakah sudah baekan ? or si marc berlanjut chatting and jatuh cinta kembali ke ellen? gaya bhs chatting yg asyik and fun, bisa jatuh cinta lho, lama2x. and aku udah ngalamin hikhik..aku jatcin setengah mati meski belom liat picnya. di kelas terbayang dia mulu alamak....

    aku kenal internet th 97 and sampe sekarang masih ketagihan.

    By Blogger Innuendo, at 1/26/2006 1:37 AM  


  • Il y a un coucours de beauté provençal où la gagnant doit savoir parler le provençal.
    hihi quelle surprise

    a plus

    By Anonymous Anonymous, at 1/26/2006 11:40 AM  

  • Mbak Miniez, makkasih atas tejemahannya, wong di Indonesia dulu, kalo dpt chatting bhs jawa , tinggal colek kiri kanan, pada bantuin nulis...kagak ngerti apa yg diomongin..pokekee fun fun cekakakan...lhah...sekarang mo colek sopo... ? wong londo kabeh.

    Mbak Dian, makkasih sdh mampir dan salam kenal ...Stella & Marc, ngakunya sdh baikkan, kalo soal chatting sih..ya…mungkin masih kali ya…namanya juga pecandu internet :) sama dengan Mbak Dian dan para blogger lainnya. Saya sudah membuktikan pernyataan mbak, ndak benar tuh…wong tulisannya bagus gitu ( padat berisi ), biasalah padi makin berisi makin nunduk :) hanya saya kecewa ndak bisa masuk ke commet, ya...berkali kali gagal..ulangi lagi dan cari akal...besok saya coba lagi deh ..janji

    Macchiato, sekilas info, Arlesian itu bukan kontes ratu kecantikan, tapi pengujian wawasan tentang literature, histoire, coutumes, traditions, culture, costume & langue Provençale, et les candidates sont toutes du pays d’Arles ( pesertanya adalah wanita wanita yang tinggal di Arles dan sekitarnya ) A+, Bises.

    By Blogger Sisca, at 1/26/2006 4:43 PM  

  • salut

    j'ai été curieux, donc ce groupe de gipsy king de quel tu parlais, c`est vraiment le fameux gipsy king?
    de plus ils ont un numéro en italien, tu vuo` fa l`americano. j'adore ça.

    bon weekend.

    j'espère que tu vas écrire un peu, avec des photos, la vie quotidienne des Arlesains ou la vieille ville peut-être, ça m`interessera enormémont.

    By Anonymous Anonymous, at 1/28/2006 3:54 PM  

  • Macchiato,

    Mieux vaut les écouter chanter que les approcher de trop près. Sinon, ils sont très talentueux. Et en plus, ce sont les vrais et de vrais ARLESIENS de la vieille ville, quartier de la Roquette à Arles.

    By Blogger Sisca, at 1/28/2006 7:56 PM  

Post a Comment

<< Home